Ternyata Darah Haid Menjadi Indikasi Adanya Kista

Leave a comment

Perlu anda ketahui khususnya bagi para wanita, ternyata volume darah, warna hingga kandungan dalam darah haid tiap wanita itu berbeda-beda. Siklus haid atau menstruasi merupakan proses alami yang normal dialami oleh hampir semua wanita di dunia.

Baca Juga: Jenis Penyakit Kista

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Indonesia, mengungkapkan bahwa darah haid bisa mengindikasi ada atau tidaknya penyakit dalam tubuh wanita terutama penyakit kista atau endometriosis. Hal ini bisa dilihat dengan adanya serabut saraf pada darah haid ketika siklus menstruasi.

Ternyata Darah Haid Menjadi Indikasi Adanya Kista

dr. Budi Wiweko, SpOG menjelaskan, adanya serabut saraf pada darah haid akan menyebabkan rasa nyeri saat haid. Penelitian ini dilakukan pada pasien muda yang datang ke unit teknologi reproduksi di Klinik Yasmin, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kencana, Jakarta.

Dalam penelitiannya dikumpulkan pembalut wanita dan mengambil sampel darahnya. Tidak lebih dari seminggu, hasil laboratorium menunjukkan adanya serabut saraf.

Baca Juga: Haid Tidak Teratur Bisa Jadi Tanda Adanya Penyakit Serius

Hasil dari penelitian ini sangat bermanfaat, karena juga dapat dilakukan pada perempuan yang belum menikah. Sebab, penyakit kista coklat atau endometriosis dapat ditemukan pada wanita yang sudah memasuki masa pubertas atau pada usia 12 tahun.

Maka dari itu, sudah jelas ternyata darah haid dapat mengindikasi adanya suatu penyakit pada perempuan. Pemeriksaan kandungan darah haid yang mengandung serabut saraf bisa menjadi indikasi adanya kista pada wanita. Maka dari itu, buat para wanita diharuskan untuk selalu jeli dan teliti terhadap kesehatan organ intimnya.

| Ternyata Darah Haid Menjadi Indikasi Adanya Kista

Leave a Reply