Penyebab Serta Pemicu Terjadinya Kista Ovarium

Leave a comment

Terdapat beberapa pantangan makanan untuk penderita kista ovarium yang merupakan salah satu langkah awal mencegah penyakit kista yang lebih serius. Selain mengetahui itu juga diperlukan pengetahuan mengenai penyebab serta faktor pemicu terjadinya kista ovarium.

Fungsi normal ovarium adalah untuk menghasilkan telur setiap bulan, selama proses ovulasi. Struktur kista yang disebut folikel terbentuk di dalam ovarium. Folikel pecah ketika telur matang dilepaskan selama ovulasi. Jika folikel gagal untuk pecah dan melepaskan telur, cairannya tetap tinggal dan dapat membentuk kista kecil (lebih kecil dari 4 cm). Ini normal terjadi dan kondisi ini disebut sebagai kista fungsional yang biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Kista ovarium abnormal, sepeprti polycystic ovarian disease dapat terjadi sebagai akibat dari ketidak seimbangan hormon wanita ( estrogen dan progesteron).

Baca juga: Khasiat QnC Jelly Gamat

Sakit atau nyeri ketika haid merupakan hal yang mungkin sudah bias bagi wanita karena mereka akan mengalaminya setiap bulan sesuai dengan siklus haid masing-masing. Banyak wanita yang akrab dengan nyeri haid semacam ini sehingga mereka tidak menganggap sakit atau nyeri haid sebagai hal yang menakutkan apalagi hal yang mengancam kesehatan mereka. Namun, wnaita perlu lebih waspada ketika mereka merasakan nyeri yang luar biasa ketika haid karena hal ini mungkin merupakan gejala kista ovarium yang menjadi momok menakutkan bagi banyak wanita. Nyatanya, ada berbagai penyebab terjadinya kista terutama kista ovarium yang perlu lebih dipahami oleh wanita.

Wanita perlu lebih waspada jika ada keluarga dekat yang pernah mengalami penyakit ini karena ada kemungkinan penyakit ini menurun pada generasi selanjutnya. MEskopun demikian, pola hidup sekarang yang cenderung tidak sehat juga mungkin membawa andil besar sebagai penyebab terjadinya kista ovarium.

Faktor resiko yang menjadi penyebab berkembangnya kista ovarium, diantaranya yaitu:

  • kistaRiwayat kista ovarium terdahulu
  • Siklus haid tidak teratur
  • Perut buncit
  • menstruasi di usia dini (11 tahun atau lebih muda)
  • Sulit hamil
  • Penderita hipotiroid
  • Penderita kanker payudara yang pernah menjalani kemoterapi (tamoxifen).

Itulah beberapa poin tentang penyebab serta pemicu terjadinya ksita ovarium. Selain itu, terdapat juga jenis penyakit kista lainnya yang dapat menyerang wanita. Untuk itu, kita harus pandai dan mengetahui cara mencegah penyakit kista karena seperti yang anda telah ketahui bahwa apabila kista menyerang pada orang yang sedang hamil maka akan berpengaruh pada masa kehamilannya. Untuk itu segeralah lakukan penanganan secepat mungkin.

| Penyebab Serta Pemicu Terjadinya Kista Ovarium

Leave a Reply