Penyebab Kenapa Menstruasi Tidak Datang Selama 3 Bulan

Leave a comment

Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Baca Juga: Jenis Penyakit Kista

Tanggal keluarnya darah haid bisa maju atau mundur beberapa hari, tergantung pada siklus menstruasi masing-masing. Namun, bisa jadi menstruasi tidak datang. Umumnya, jika menstruasi terlambat datang atau tidak muncul sama sekali, hal tersebut dikaitkan dengan kehamilan.

Tida datangnya waktu haid bukan hanya disebabkan oleh faktor kehamilan saja, namun amenorea (darah haid tidak keluar) yang terjadi selama 3 bulan berturut-turut bisa menandakan adanya gejala serius. Berikut ini penyebab kenapa menstruasi tidak datang selama 3 bulan.

Penyebab Kenapa Menstruasi Tidak Datang Selama 3 Bulan

penyebab menstruasi tidak datang selama 3 bulan

  • Amenorea hipotalamik

Stres dan kelelahan bisa mempengaruhi hipotalamus, bagian dari otak yang mengatur hormon. Jika hormon terganggu, ovulasi bisa berhenti. Ini bisa disebabkan berbagai faktor, seperti: terlalu banyak aktivitas, stres pekerjaan, hingga berat badan di bawah normal.

  • Sindrom ovari polistik (PCOS)

Jutaan perempuan di dunia diperkirakan memiliki kasus PCOS atau yang lebih akrab disebut kista. Hadirnya kista membuat ovulasi tidak berlangsung normal. Belum jelas apa yang menyebabkan munculnya kista, genetik diperkirakan sebagai faktor terkuat, selain gangguan hormon dan pola hidup tidak sehat.

  • Hiperprolaktinemia

Kondisi ini dipicu dari tingginya jumlah prolaktin, hormon yang memproduksi air susu ibu. Tingginya jumlah prolaktin di luar kehamilan dan menyusui, bisa jadi karena adanya tumor atau pengobatan yang memicu hormon. Saat prolaktin meninggi, ovulasi akan berhenti dan membuat menstruasi tidak terjadi.

  • Kegagalan ovarium

Wanita yang mengalami kegagalan ovarium sebelum mencapai usia menopause, tidak akan lagi mengalami menstruasi. Namun demikian, ini adalah kasus langka dan hanya terjadi pada 1 dari 100 wanita di bawah usia 40 tahun.

Kegagalan ovarium punya gejala serupa menopause yakni kerap merasa gerah, berkeringat di malam hari, vagina kering, menurunnya tingkat gairah seksual dan kecemasan tinggi.

Baca Juga: Penyebab Hubungan Intim Terasa Menyakitkan Pada Wanita

Sudah jelas yah, ternyata bukan cuma disebabkan kehamilan saja, namun haid tidak datang juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Maka dari itu, untuk memastikan kondisi kesehatan anda sebaiknya selalu berkonsultasi pada dokter.

| Penyebab Kenapa Menstruasi Tidak Datang

Leave a Reply