Penyebab Infertilitas Atau Ketidaksuburan Pada Wanita

Leave a comment

Infertilitas atau ketidaksuburan pada wanita diartikan sebagai wanita yang tidak mampu hamil dan melahirkan seorang bayi, meski mereka telah berusaha dengan berbagai cara selama setahun atau lebih.

Sistem reproduksi wanita lebih rumit dibandingkan pria. Pria menghasilkan sperma setiap hari sepanjang hidup mereka, sedangkan wanita hanya menghasilkan satu sel telur matang setiap bulan, itu pun kalau kondisi kesehatan sistem reproduksinya normal. Bahkan pada kenyataanya, kesuburan wanita akan menurun seiring dengan meningkatnya usia mereka.

Baca Juga: Jenis Penyakit Kista

Infertilitas bisa terjadi pada siapa saja dan disebabkan oleh beberapa faktor seperti kesehatan, genetik, serta tempat tinggal atau lingkungan. Di zaman sekarang ini susah mendapatkan udara segar, sehingga hal tersebut dapat menjadi faktor penyebab ketidaksuburan wanita. Lebih lengkapnya, ini dia penyebab infertilitas atau ketidaksuburan pada wanita.

Penyebab Infertilitas Atau Ketidaksuburan Pada Wanita

Penyebab Infertilitas Atau Ketidaksuburan Pada Wanita

Infertilitas yang dialami pria biasanya berhubungan dengan kualitas sperma. Sementara infertilitas pada wanita sering disebabkan oleh proses ovulasi tidak normal dan adanya gangguan pada organ reproduksi. Berikut dibawah ini beberapa penyebab terjadinya infertilitas pada wanita:

  • Masalah hormon

Dalam situasi dimana terjadi ketidakseimbangan hormonal atau terjadi gangguan dalam proses interaksi antara hormon-hormon tersebut, maka bisa dipastikan ovulasi akan terhambat.

Penyebab utama dari gangguan hormon pada wanita adalah adanya kerusakan pada saraf hipotalamus, terjadi kerusakan pada kelenjar hipofisis atau kemungkinan telah terjadi kegagalan sistem dalam memproduksi sel telur yang matang.

  • Rusaknya ovarium

Salah satu penyebab rusaknya ovarium adalah terjadinya infeksi pada ovarium. Adanya gangguan fisik pada ovarium sudah pasti akan mengganggu proses ovulasi dan bahkan menyebabkan ovulasi gagal, artinya tidak ada sel telur yang dihasilkan. Sehingga, meskipun hubungan seks dilakukan setiap hari, jika tidak ada sel telur yang siap dibuahi maka kehamilan mustahil terjadi.

  • Menopause prematur

Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita-wanita yang aktif berolahraga atau over latihan, tubuh mereka tdak lagi memproduksi sel telur, sehingga pembuahan tidak akan terjadi. Beberapa wanita lain juga mengalami menopause yang terlalu cepat karena masalah genetik.

  • Gangguan Pada Tuba Fallopi

Gangguan pada tuba fallopi menjadi salah satu penyebab infertilitas pada wanita, bahkan di kalangan medis disebutkan bahwa gangguan pada tuba fallopi mempengaruhi 25% tingkat kehamilan.

Penyebab umum gangguan pada tuba fallopi adalah infeksi, pembedahan, masalah pada perut, dan kehamilan ektopik. Kehamilan etopik adalah terjadinya kehamilan di dalam saluran tuba fallopi itu sendiri, yang meskipun jika dapat ditangani dengan baik tetap dapat merusak saluran tuba.

  • Gaya hidup tidak sehat

Merokok dan mengkonsumsi obat-obatan dapat menyebabkan kemandulan pada wanita. Jenis makanan dan kandungan gizi juga mempengaruhi kesuburan wanita. Dengan mengkonsumsi makanan cepat saji dalam jangka waktu yang lama dapat merusak kemampuan tubuh menghasilkan sel telur.

Terlalu gemuk atau pun terlalu kurus dapat menyebabkan gangguan hormonal pada wanita sehingga menyebabkan ovulasi telat atau bahkan hilang sama sekali.

Baca Juga: Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Oleh Wanita

Kesuburan wanita dapat menurun sebanyak 3% sampai 5% setiap tahunnya setelah usia mereka mencapai 30 tahun dan prosentasenya akan semakin besar setelah 40 tahun. Maka dari itu, jagalah kesehatan sistem reproduksi anda dengan baik.

| Penyebab Infertilitas Atau Ketidaksuburan Pada Wanita

Leave a Reply