Penyebab dan Gejala Tumbuhnya Kista Pada Payudara

Leave a comment

Jenis penyakit kista yang sering menyerang wanita yaitu kista pada payudara. Kista merupakan pertumbuhan daging (seperti kantung) abnormal yang berisi cairan abnormal di seluruh tubuh. Kista bisa tumbuh di paru-paru, usus, kulit, kornea mata bahkan otak dan termasuk di payudara.

Baca Juga: Produk Kesehatan QnC Jelly Gamat

Kista payudara timbul disebabkan oleh reaksi sel dari pasang surutnya hormon seorang perempuan dari bulan ke bulan. Kista hanya dialami oleh perempuan yang aktif secara seksual, artinya anak perempuan yang belum menstruasi dan perempuan tua yang sudah menopause tidak akan terkena kista payudara.

Jenis Kista Payudara

Terdapat 2 jenis kista payudara, yaitu:

  1. Microcysts yaitu jenis kista kecil. Saking kecilnya, kista ini tidak terasa jika disentuk oleh tangan. Oleh karen iatu, diagnosa kista ini harus dilakukan melalui proses USG, mamografi dan proses pencitraan lainnya
  2. Macrocysts yaitu jenis kista besar yang bisa tumbuh sampai ukuran diameternya mencapai 5 cm. Kista sebesar ini akan menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman karena menkan jaringan sekitarnya. Kista jenis ini harus segera diangkat.

Penyebab dan Gejala Kista Pada Payudara

kista payudara

Salah satu gejala kista payudara adalah terdapat benjolan yang apabila digerakkan dapat bergerak bebas di seputar payudara. Bentuknya bulat agak lonjong, elastis dan lunak/ Ukuran kista berubah-ubah, tergantung pada perubahan hormon estrogen pada perempuan penderita. Saat-saat menjelang menstruasi, ukurannya membesar, sedangkan pada saat menstruasi ukurannya kembali mengecil.

Baca Juga: Apa itu Kista Dermoid

Kista biasanya tidak terasa sakit saat ditekan. Namun, khusus pada saat pra-menstruasi kista akan terasa nyeri saat ditekan. Berikut ini gejala umum tumbuhnya kista pada payudara:

  • Payudara terasa nyeri meski bukan pada periode menstruasi
  • Adanya benjolan baru dan asing di payudara yang sebelumnya tidak ada
  • Ada perubahan-perubahan yang janggal pada payudara
  • Payudara menjadi merah, membengkak dan terasa panas
  • Muncul cairan bahkan darah dari puting susu
  • Muncul benjolan pada ketiak.

Perlu anda ketahui, payudara terdiri dari jaringan-jaringan kelenjar. Jumlah jaringan ini akan bertambah ketika hormon estrogen banyak di produksi, seperti ketika menjelang menstruasi, masa kehamilan, dan ketika menyusui. Jika pertumbuhan jaringan pada payudara berlebihan, akibatnya timbul kista yang semakin lama semakin tumbuh membesar.

Itulah beberapa Penyebab serta Gejala Tumbuhnya Kista Pada Payudara. Terimakasih telah menyimak artikel kami dan semoga bermanfaat bagi anda.

| Penyebab dan Gejala Tumbuhnya Kista Pada Payudara

Leave a Reply