Jenis Penyakit Kista Endometriosis

Leave a comment

Jenis Penyakit kista endometriosis,- Kista Endometriosis merupakan keadaan dimana terbentuknya kista yang tumbuh di permukaan dari ovarium atau menyerang bagian dalam ovarium dan membentuk kista berisi darah yang disebut pula sebagai kista coklat. Kista ini disebut kista coklat karena terdapat penumpukan darah berwarna merah coklat hingga gelap, meskipun ada juga yang tidak memiliki warna atau dikenal nonpigmanted endometriosis. Kista ini bisa berukuran kecil seukuran kacang dan bisa tumbuh lebih besar dari buah anggur.

Kista Endometriosis merupakan jenis kista yang tidak ganas. Meskipun tidak bersifat ganas akan tetapi akan mengganggu kesuburan anda.

Endometriosis dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Endometriosis Internal yaitu adanya jaringan endometriosis yang terdapat di dalam miometrium
  2. Endometriosis Eksternal yaitu adanya jaringan di luar uterus (tuba fallopii, ovarium, kandungan kemih dan permukaan yang terdapat pada rektum).

Penyebab Kista Endometriosis

Penyebabnya tidak diketahui, namun beberapa ahli mengemukakan teori berikut ini:

  1. jenis kista endometriosisTeori menstruasi retrograd (menstruasi yang bergerak mundur). Sel-sel endometrium yang dilepaskan pada saat menstruasi bergerak mundur ke tuba falopii lalu masuk ke dalam panggul atau perut dan tumbuh di dalam rongga perut atau panggul.
  2. Teori sistem kekebalan. Kelainan sistem kekebalan yang menyebabkan jaringan menstruasi tumbuh di daerah selain rahim.
  3. Teori genetik keluarga tertentu memiliki faktor tertentu yang menybebkan kepekaan yang tinggi terhadap endometriosis.

Setiap bulan ovarium menghasilkan hormon yang merangsang sel-sel pada lapisan rahim untuk membengkak dan menebal (sebagai persiapan terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan). Endometriosis juga memberikan respon yang sama terhadap sinyal ini, tetapi mereka tidak mampu memisahkan dirinya dari jaringan dan terlepas selama menstruasi. Kadang terjadi perdarahan ringan tetapi akan segera membaik dan kembali dirangsang pada siklus menstruasi berikutnya.

Proses yang berlangsung terus menerus ini menyebabkan pembentukan jaringan parut dan perlengketan di dalam tuba dan ovarium serta di sekitar fimbrie tuba. Perlengketan ini bisa menyebabkan pelepasan sel telur dari ovarium ke dalam tuba falopii terganggu atau tidak terlaksana. Selain itu, perlengketan juga bisa menyebabkan terhalangnya perjalanan sel telur yang telah dibuahi menuju ke rahim.

Risiko Tinggi Terjadinya Kista Endometriosis ditemukan pada:

  • Wanita yang ibu atau saudara perempuannya menderita kista endometriosis
  • Wanita yang siklus haidnya 27 hari atau kurang
  • Wanita yang mengalami menarke (menstruasi pertama) terjadi lebih awal
  • Wanita yang biasa mengalami menstruasi selama 7 hari atau lebih
  • Wanita yang mengalami orgasme ketika menstruasi.

Gejala Yang Ditimbulkan

  1. Nyeri perut bagian bawah dan daerah panggul
  2. Menstruasi yang tidak teratur (misalnya spotting sebelum menstruasi)
  3. Kemandulan
  4. Dispareunia (nyeri ketika melakukan hubungan seksual)
  5. Jaringan endometrium yang melekat pada usus besar atau kandung kemih bisa menyebabkan pembengkakan perut, nyeri ketika buang air besar, perdarahan melalui rektum selama menstruasi atau nyeri perut bagian bawah ketika berkemih
  6. Jaringan endometrium yang melekat pada ovarium atau struktur di sekitar ovarium bisa membentuk masaa yang terisi darah (endometrioma). Kadang endometrioma pecah dan menyebabkan nyeri perut tajam yang timbul secara tiba-tiba.
  7. Bahkan kadang tidak ditemukan gejala sama sekali.

Itulah jenis penyakit kista yang satu lagi yang dapat menyerang organ kewanitaan. Maka dari itu, jagalah kebersihan organ intim anda mulai sekarang untuk mencegah terjadinya penyakit kista. Klik Obat herbal QnC Jelly Gamat sebagai salah satu solusi kesembuhan penyakit kista tanpa operasi.

| Jenis Penyakit Kista Endometriosis

 

Simak Artikel Lainnya:

Leave a Reply