Jenis Penyakit Kelamin Yang Berbahaya

Leave a comment

Penyakit kelamin merupakan infeksi yang terjadi diseputaran alat vital pria atau wanita yang disebabkan oleh kuman yang dapat ditularkan melalui hubungan seks oral maupun hubungan kelamin.

Sejak pertama kali anda melakukan hubungan intim, anda sudah beresiko untuk terjangkit berbagai jenis penyakit kelamin karena memang area organ intim pria dan wantia merupakan tempat yang mudah untuk ditinggali oleh bakteri. Bakteri yang hinggap pun bermacam-macam sehingga penyakit yang muncul akibat infeksinya pun beragam.

Baca Juga: QnC Jelly Gamat

Sebenarnya, penularan penyakit kelamin dapat dihindari dengan jalan menghindari hubungan kelamin secara sembarangan (seks bebas), dengan setia pada satu orang pasangan saja atau dengan menggunakan alat-alat pencegahan seperti kondom. Berikut ini berbagai jenis penyakit kelamin yang berbahaya

Kenali Jenis Penyakit Kelamin Yang Berbahaya

jenis penyakit kelamin yang berbahaya

  • Gonorrhea

Penyakit ini muncul karena disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrheae. Bakteri jenis ini akan cepat berkembang dan menyebar di area yang basah dan hangat seperti, serviks, saluran kencing, dubur dan mulut. Gonorrhea yang tidak segera diobati akan mengakibatkan kemandulan pada wanita dan pria, kelahiran bayi prematur, hingga kematian janin di dalam kandungan.

  • Chlamydia

Ini disebabkan oleh bakteri Chalmydia trachomatis, bakteri tersebut merupakan jenis bakteri yang penyebarannya paling cepat dibandingkan bakteri yang lain. Selain itu, para dokter di Inggris menemukan bahwa sebagian besar dari penderitanya tidak memiliki gejala-gejala tertentu. Penyakit ini juga dapat berupa infeksi pada mata yang mengakibatkan mata merah dan bengkak disekitar area mata.

  • Syphilis

Shyphilis merupakan penyakit dari infeksi kuman Treponema pallidum. Ia muncul dari berbagai macam bentuk hubungan intim, termasuk anak sex. Gejalanya muncul biasanya setelah 9 – 20 hari kuman itu tersebar. Gejala yang ditimbulkan seperti terdapat benjolan disekitar kemaluan, baik pria maupun wanita dan anus. Beberapa setelah benjolan tersebut muncul meleuts dengan sendirinya, meskipun tidak menimbulkan rasa sakit. Setelah itu, penderita akan menderita demam, ruam dan bisul ditenggorokan. Setelah itu, tingkatan ketiganya adalah saat kuman menyerang otak, urat saraf tulang belakang dan organ-organ penting lainnya.

  • AIDS (ACQUIRED IMMUNE DEFICIENCY SYNDROME)/HIV DISEASE

Penyakit ini disebabkan oleh hubungan intim yang paling serius yang menyebabkan tidak bekerjanya sistem kekebalan tubuh. Tidak menunjukkan gejala yang nyata tanpa penelitian darah. Penulurannya dapat melalui hubungan intim dan pemakaian jarum suntik secara bersamaan.

  • Vaginitis

vaginitis merupakan infeksi vagina yang menyebabkan cairan dari vagina yang berbau dan menimbulkan ketidaknyamanan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai jenis bakteri seperti gonorrhea, chlamydia atau jamur atau bisa juga disebabkan oleh berbagai bakteri tidak berbahaya yang memang menetap pada vagina.

  • Herpes

Jenis Penyakit ini disebabkan oleh virus. Gejala akan timbul setelah 3 sampai 10 hari setelah melakukan hubungan intim dengan penderita penyakit herpes. Gejawal awal yang muncul adalah lecet yang kemudian terbuka menjadi lubang kecil dan berair. Wanita sering tidak sadar bahwa ia menderita herpes karena lecet terjadi di dalam vagina.

| Jenis Penyakit Kelamin Yang Berbahaya

Artikel Terkait
Kista Sebasea atau Kista Keratinosa

Leave a Reply