Jenis Penyakit Kanker yang Masih Bisa Disembuhkan

Leave a comment

Menurut Dokter Spesialis Onkologi Rumah Sakit Premier Bintaro, Dody Ranuhardy, ada beberapa jenis penyakit kanker yang masih bisa disembuhkan, salah satunya kanker Limfoma, atau kanker getah bening.

Penyakit kanker terjadi karena adanya DNA sel yang telah bermutasi dan kemudian ketika sel tersebut membelah melalui proses mitosis, DNA yang rusak kemudian disalin kedalam sel yang baru, lalu semakin menyebar dan membentuk tumor atau kanker. Pada waktu yang bersamaan, sel-sel kanker melakukan reproduksi yang cenderung lebih cepat dari sel-sel lainnya karena memiliki rentang hidup yang cukup pendek. Dengan demikian kanker bisa menyebabkan kerusakan dalam waktu cepat dan pada tahap tertentu tidak bisa dikendalikan lagi. Jika sel-sel kanker tersebut merupakan bagian dari organ penting, maka organ tersebut bisa berhenti bekerja dan mengakibatkan berbagai komplikasi dan kematian. Dalam beberapa kasus lain, kanker bisa menyebar ke area lain (metastasis). Inilah mengapa kanker sebaiknya dideteksi sejak dini dan kemudian dihilangkan sebisa mungkin.

Namun, tahukah kamu bahwa saat penyakit ini dideteksi secara dini maka kemungkinan untuk sembuh dari kanker sangatlah besar? berikut adalah beberapa jenis penyakit kanker yang bisa dengan mudah disembuhkan ketika sudah diketahui sejak awal.

Jenis Penyakit Kanker yang Masih Bisa Disembuhkan

Jenis Penyakit Kanker yang Masih Bisa Disembuhkan

Kanker testis
Jika kanker ini masih berada pada tahap awal dan belum menyebar kebagian tubuh lainnya, dokter masih bisa menyembuhkannya dengan cara menghapus testis yang terdeteksi tumor. Lalu dilanjut dengan radiasi atau kemoterapi, maka sel kanker akan hilang secara efektif.

Kanker serviks
Apabila sebelumnya Anda pernah melakukan tes papsmear yang bisa mendeteksi munculnya sel kanker sejak dini. Selain itu, jenis penyakit sel kanker serviks termasuk paling lambat untuk bertumbuh dan menyebar sehingga jika diketahui dan diobati sejak dini mash bisa disembuhkan.

Kanker payudara
Terdapat 2 jenis kanker payudara, diantaranya yaitu ductal carcinoma in situ (DCIS) dimana sel kanker payudara berkembang di saluran payudara. Kemudian yang kedua adalah lobular carcinoma in situ (LCIS) atau sel kanker yang tumbuh di kelenjar payudara. Keduanya sel kanker masih seukuran kacang atau sektiar 2 cm dan masih bisa diobati dengan mudah.

Kanker tiroid
Kelenjar tiroid yang terletak dileher menghasilkan hormon untuk membakar kalori atau mengontrol detak jantung. Papiler atau jenis yang paling umum dari kanker tiroid akan tumbuh secara perlahan. Saat membesar dan dokter mengobatinya dengan cara operasi, maka sel kanker akan hilang.

Kanker kulit
Atau disebut juga dengan melanoma dianggap sebagai jenis kanker yang memiliki tingkat harapan hidup tinggi pada penderitanya. Awalnya kanker kulit dimulai dengan munculnya bercak besar, gelap, berbentuk aneh serta timbul. Maka, ketika kamu mengalami hal ini sebaiknya segera periksakan ke dokter agar bisa diobati dengan efektif dan tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kanker prostat
Sel kanker prostat termasuk terlambat dalam bertumbuh. Pria yang terkena kanker prostat masih bisa hidup dengan normal, tanpa komplikasi. Deteksi sejak dini yang digabung dengan operasi maupun radiasi akan membuat sel kanker ini rontok. Dan bagi yang sudah sampai di stadium lanjut, pengobatan kanker prostat bisa memperpanjang usia hingga 5 sampai 10 tahun ke depan.

Nah itulah macam-macam penyakit kanker yang memiliki harapan hidup besar. Sebenarnya, jenis penyakit kanker apapun masih bisa disembuhkan selama mereka (penderita) tetap bersemangat untuk hidup, berusaha untuk berjuang melawan kanker, serta memiliki semangat yang tinggi untuk sembuh. Dan yang paling utama yaitu mengetahui gejala awal dari penyakit tersebut. Namun, semoga Anda tetap semangat karena tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, terus berjuang dan semoga lekas sembuh. Aamiin.

Leave a Reply