Jenis-jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan

Leave a comment

Sistem pencernaan adalah suatu sistem organ yang sangat penting bagi manusia yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan berakhir di anus.

Fungsi utamanya sebagai pencerna nutrisi tubuh. Namun, bukan berarti sistem ini selalu aman karena adanya nutrisi yang banyak. Portal masuknya zat dari luar secara bebas ini mengakibatkan banyak penyakit pada sistem pencernaan yang mengancam manusia. Gangguan atau kelainan yang menyerang salah satu organ dari sistem pencernaan, maka fungsi sebagai penyerap pengolah makanan akan mengalami gangguan pula. Lalu apa saja jenis-jenis penyakit pada sistem pencernaan? Berikut ini kami berikan sajiannya. Semoga bermanfaat.

Jenis-jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan

sistem pencernaan

  • Parotiris

Parotiris ialah kelainan sistem pencernaan berupa radang pada bagian mulut, yaitu pada kelenjar parotis. Penyebabnya sebab terdapat infeksi virus sehingga akan menimbulkan pembengkakan serta rasa nyeri. Parotis juga disebut sebagai penyakit gondongan. Anak-anak usia 2–12 tahun rentan terserang penyakit ini.

  • Gastritis

Gastritis merupakan radang akut dan kronis menyerang pada lapisan mukosa dinding lambung. Gastritis atau tukak lambung ini dapat menyebabkan luka yang sakit di daerah dinding lambung. Gastritis dapat disebabkan sebab mengonsumsi makanan nan kotor atau sebab kadar asam lambung nan sangat tinggi (HCI).

  • Diare

Diare akan terjadi pada seseorang jika frekuensi buang air besar melampaui Normal atau batas normal serta feses yang keluar sangat encer dan banyak cairan. Feses mengandung 60% hingga 90% air dalam keadaan normal. Namun, pada penderita diare akan terdapat kandungan air lebih dari 90%.

Diare yang menyerang secara terus menerus kemungkinan dapat merupakan gejala penyakit lainnya seperti kolera, kanker usus, dan tifus. Diare tidak boleh dianggap sepele. Karena bila cairan tubuh berkurang akan membuat penderita lemas dan kekurangan cairan.

  • Sembelit

Sembelit atau disebut juga konstipasi merupakan gangguan penyakit sistem pencernaan makanan yang gejalanya dialami oleh penderita susah buang air besar atau sporadis buang air besar. Batasan sembelit bila seseorang tidak buang air besar selama tiga hari.

Penyebab sembelit dikarenakan terjadinya penyerapan air yang sangat berlebih pada usus besar. Hal ini menyebabkan feses menjadi kering dan mengeras sehingga sangat susah dikeluarkan. Rajin memakan makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan akan membuat Anda tidak mengalami gangguan buang air besar. Membiasakan buang air besar secara teratur juga dapat Anda lakukan.

  • Apendisitis

Apendisitis merupakan radang yang terjadi pada umbai cacing atau apendiks. Apendisitis bisa merembet ke usus besar serta menyebabkan radang yang menyerang rongga perut. Gejala yang datang biasanya mual disertai muntah dan nyeri yang sangat hebat pada perut bagian kanan bawah. Nyeri yang timbul dapat mendadak diawali dari perut bagian sebelah atas atau bagian di sekitar area perut. Gejala lainnya pun demam yang tinggi pada penderitanya hingga 39 derajat celcius.

  • Hepatitis

Hepatitis merupakan gangguan atau kelainan sistem pencernaan yang menyerang organ hati. Penyebabnya dikarenakan adanya infeksi virus atau pun non virus seperti mengonsumsi alkohol hiperbola dan juga obat-obatan yang tidak sinkron dosis. Hepatitis dibedakan menjadi hepatitis akut dan hepatitis kronis. Hepatitis akut ialah penyakit hepatitis yang terjadi kurang dari 6 bulan pada penderita, sementara hepatitis kronis berlangsung lebih dari 6 bulan.

  • Sariawan

Kelainan sistem pencernaan yang menyerang organ mulut dan lidah ialah sariawan. Sariawan diawali dengan munculnya luka kecil berwarna kemerahan dan putih di sekitar rongga mulut. Jika tak segera diobati, biasanya sariawan akan sangat mengganggu dan menyebabkan fungsi pencernaan terganggu. Agar terhindar dari sariawan, sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dengan jumlah yang memadai.

  • Lambung Sehat, Makan Nikmat

Mempunyai kelainan sistem pencernaan yang sudah akut atau kronis akan sangat menyiksa serta menyebabkan kualitas hidup seseorang menurun. Hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat dapat kita lakukan agar sistem pencernaan, terutama lambung tetap sehat.

Baca Juga: QnC Jelly Gamat

Itulah beberapa jenis gangguan kesehatan pada sistem pencernaan. Semoga kita dapat menjaga dan merawat sistem pencernaan dengan baik. Karena Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga artikel kami menjadi referensi untuk anda. Dan terimakasih.

| Jenis-jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan

Artikel terkait

Leave a Reply