Jenis-jenis Penyakit Kista Pada Pria

Leave a comment

Kista tidak hanya terjadi pada wanita saja namun penyakit kista juga dapat terjadi pada pria. Jika pada perempuan kebanyakan kasus menunjukkan kista terjadi pada indung telur, lain halnya dengan kasus kista pada pria. Pada pria kista muncul tidak pada bagian indung teluar namun dapat muncul pada daerah kulit, usus, dan juga paru-paru bahkan juga otak. Berikut ini jenis-jenis penyakit kista pada pria.

Hati-hati Kista Pada Pria

kista prostat

  • Kista ginjal adalah kista yang terdapat di ginjal. Kista ini biasanya berkaitan dengan penyakit lainnya yang bisa mengganggu fungsi ginjal. Namun, secara umum kista ginjal tidak berkembang menjadi kanker. Seseorang bisa memiliki lebih dari satu kista ginjal. Jadi, jangan berpikiran kista hanya mungkin terjadi di rahim.
  • Kista Paru merupakan pertumbuhan kantung yang tidak normal di sekitar paru-paru. Kantung tersebut bisa berisi udara, cairan, nanah atau juga substansi yang lainnya. Para ahli sudah jauh meneliti sebenarnya ada hubungan gen manusia sendiri dengan bakat tumbuhnya kista. Ada 3 jenis kista paru yang mungkin harus anda ketahui yaitu kista congenital, kista infeksi dan kista neoplastik.
  • Kista otak atau kista arakanoid merupakan jenis kista diotak yang paling sering terjadi. Kista ini terbentu sebagai kelainan bawaan (kongenital) yang berupa suatu kantong atau balon yang berdinding tips dan terisi oleh cairan otak.
  • Kista prostat adalah penyakit prostat umum pada pria dewasa. Terutama terjadi karena kelenjar prostat bawaan atau diperoleh perubahan kistik beberapa pasien yang menderita kista prostat ditemukan dalam pemeriksaan fisik tahunan. Dibandingkan denganpenyakit prostat terkenal lainnya seperti prostatitis, kista prostat sedikit lebih rumit.
    Kista prostat disebabkan obstruksi saluran prostat, hal ini terbentuk karena sekresi penyimpanan hasil prostat. Secara klinis parah tidaknya berdasarkan ukurannya. Seiring dengan bertambahnya sekresi kista, pembesaran bagian lokal prostat atau keseluruhan kelenajr menekan sekitar rektum dan uretra. Bahaya ksita prostat mengakibatkan gangguan buang air besar dan kecil.

Itulah beberapa jenis kista yang mungkin saja menyerang kaum adam. Oleh karena itu, ubahlah gaya hidup anda dengan gaya hidup sehat yang lebih bermanfaat untuk menjaga kualitas kesehatan anda.

 

| Jenis-jenis Penyakit Kista Pada Pria

 

Artikel lainnya

Leave a Reply