Jenis-jenis Kista Pada Indung Telur

Leave a comment

Kista indung telur merupakan suatu kondisi dimana terdapat benjolan berisi cairan, nanah, darah atau pun padatan di dalam indung telur. Kista ini menimbulkan gangguan endokrin berupa meningkatknya hormon androgen sehingga ovulasi terganggu. Adanya kista juga menyebabkan folikel yang diproduksi indung telur tidak berisi sel telur melainkan hanya berupa cairan. Akibatnya, ovulasi tidak terjadi. Memang penderita kista indung telur biasanya tetap mengalami haid, namun indung telur tidak menghasilkan telur yang matang dan ovulasi.

Baca Juga: QnC Jelly Gamat

Kista indung telur menyebabkan wanita mengalami premenopause, haid tidak teratur, ketidaksuburan, pembesaran indung telur dan rambut rontok. Kista indung telur juga menyebabkan meningkatnya kadar FSH (Follicle-Stimulating Hormone), LH (Luteinizing Hormone) dan hormon estrogen. Sebaliknya kadar hormon progesteron rendah sehingga kadar hormon pria (anddrogen) meningkat.

Kista indung telur ini memiliki beberapa jenis, berikut ini jenis-jenis kista pada indung telur.

Jenis-jenis Kista Pada Indung Telur

jenis kista indung telur

Secara umum kista indung telur disebabkan oleh gangguan pembentukan hormone pada hipotalamus, hipofise dan indung telur itu sendiri. Kista indung telur dapat terbentuk kapan saja, antara masa pubertas sampai menopause bahkan selama masa kehamilan. Berikut ini jenis-jenis penyakit kista indung telur:

  • Kista folikel

Kista ini timbul akibat dari folikel yang tidak berfungsi selama siklus menstruasi. Kista folikel berbentuk kecil sehingga biasanya tidak menimbulkan gejala apa-apa. Kecuali jika pecah atau terpelintir dapat menimbulkan gejala terasa kaku dan sakit hebat di daerah perut bagian bawah seperti serangan appendicitis (radang usus buntu).

  • Kista Lutein

Beberapa kista lutein sering terjadi saat kehamilan. Ada beberapa jenis kista lutein, diantaranya yaitu:

  1. Kista granulosa lutein: Kista ini terjadi dalam korpus luteum indung telur yang fungsional. Kista ini bisa membesar, akbiat dari penimbunan darah yang berlebihan saat fase perdarahan dari siklus menstrasi dan bukan akbiat dari tumor. Kista ini timbul pada permulaan kehamilan dan diambeternya bisa mencapai 5-6cm yang menyebabkan rasa tidak enak di daerah panggul. Apabila pecah, terjadi pendarahan pada satu sisi rongga perut. Pada wanita yang tidak hamil, kista ini akanmembuat menstruasi terlambat yang diikuti dengan perdarahan yang tidak teratur.
  2. Kista theca lutein: Kista ini berisi cairan bening dan berwarna seperti jerami. Timbulnya kista ini berkaitan dengan tumor indung telur dan terapi hormon.
  • Kista polisistik indung telur

Kista ini menyebabkan menurunnnya siklus mensturasi dan terjadi ketidaksuburan (infertilitas, yaitu ketidakmampuan anak setelah hubungan seksual dengan teratur walaupun tidak menggunakan alat kontrasepsi dalam jangka waktu paling tidak selama satu tahun).

Penyakit polisistik indung telur juga merupakan penyebab utama dari abnormalitas endokrin. Pemeriksaan kista indung telur dilakukan berdasarkan gejala dan tanda-tandanya. Pemeriksaan fisik dan beberapa jenis pemeriksaan laboratorium dapat membantu diagnosis dari beberapa jenis kista. Untuk mengkonfirmasi jenis kista indung telur, dokter akan melihat indung telur melalui ultrasound, laparoskopi atau melalui operasi.

Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

| Jenis-jenis Kista Pada Indung Telur

Artikel kesehatan

Bahaya Kista Pada Payudara

Leave a Reply