Ini Dia Cara Mendeteksi Dini Adanya Kanker Payudara

Leave a comment

Selain kanker serviks, tentunya kanker payudara menjadi momok paling menakutkan bagi kaum wanita, hal ini disebabkan kanker payudara banyak menyerang wanita. Banyak faktor yang mempengaruhi kanker payudara, seperti misalnya:

  1. Memiliki riwayat keluarga yang mengidap kanker payudara
  2. Mendapatkan menstruasi di usia dini
  3. Mengalami masalah berat badan setelah menopause.

Meski demikian, namun kanker payudara masih bisa dideteksi secara dini sehingga bisa segera diobati dan dicegah penyebarannya. Berikut ini cara mendeteksi dini adanya kanker payudara.

Cara Mendeteksi DiniĀ  Adanya Kanker Payudara

mendeteksi dini kanker payudara

  • Menyentuh

Cobalah untuk mengecek payudara anda dengan cara menyentuhnya, ketika anda menstruasi atau diluar menstruasi. Sebagian perempuan mempunyai payudara yang lembut dan kental sekitar waktu menstruasi mereka. Setelah menopause, umumnya payudara yang normal terasa lembut, kurang tegas dan tidak kental.

Baca Juga: Jenis Penyakit Kista

Cara mengeceknya yaitu dengan: sentuhan lembut sewaktu-waktu bisa anda lakukan yaitu dengan mengangkat lengan kanan anda lurus ke atas, menekuk siku anda sehingga tangan kanan anda di belakang kepala. Mulai dari bagian luar payudara dan sentuh dengan teliti menggunakan jari secara melingkar. Perhatikan setiap kental, bintik-bintik keras atau lembut. Gambaran khas benjolan yang disebabkan oleh kanker adalah tidak teratur, keras, massa menyakitkan yang tidak bergerak. Ulangi proses pada payudara kiri anda.

  • Mencari

Berbaringlah terlentang dengan bantal atau handuk di bawah satu bahu. Masukkan lengan yang dibawah kepala anda. Memeriksa payudara anda satu persatu. Apabila anda mulai dengan payudara kanan, letakkan bantal di bawah bahu kanan, angkat lengan kanan anda tempatkan tangan kanan anda di belakang kepala. Gunakan tangan kiri untuk merasakan payudara anda. Tidak hanya putaran payudara anda akan tetapi anda dapat mencari perbedaan hingga keseputaran ketiak. Jaringan payudara sebenarnya meluas sampai ke ketiak. Sehingga pastikan untuk mencari hingga ketiak. Rasakan dari ketiak sampai tulang leher. Apabila menemukan benjolan ini dapat menunjukkan kelenjar getah bening yang membesar dan dapat disebabkan oleh kanker atau infeksi. Anda juga dapat mencari ke sekitar puting payudara. Perhatikan benjolan dan perubahannya disekitaran puting anda.

Artikel sebelumnya: Tanaman Asli Papua yang Berperan Sebagai Obat Kista Alami

  • Melihat

Payudara setiap wanita berbeda-beda. Kebanyakan wanita memiliki satu payudara yang lebih besar daripada payudara lain. Namun, yang harus anda perhatikan yaitu perubahan dalam ukuran, garis atau bentuk payudara, terutama ketika anda menggerakkan lengan atau mengangkat payudara anda. Apabila anda melihat adanya darah yang keluar diantara kedua puting, maka harus diwaspadai apalagi bila anda tidak dalam masamenyusui. Perbedaan yang signifikan terlihat dari puting, diantaranya yang memiliki sel kanker pada payudaranya jika posisi putingnya ditarik akan tenggelam dan tidak kembali lagi maka anda harus segera konsultasikan pada dokter.

Baca Juga: Manfaat QnC Jelly Gamat

Itulah beberapa cara untuk mendeteksi kanker payudara secara dini, semoga bermanfaat.

| Cara Mendeteksi DiniĀ  Adanya Kanker Payudara

Leave a Reply