Faktor yang Mempengaruhi Wanita Susah Hamil

Leave a comment

Gangguan kesuburan dapat diakibatkan karena perempuan atau laki-laki dengan berbagai alasan gaya hidup hingga kesehatan. Infertilitas pada wanita adalah sebuah istilah yang merujuk para perempuan yang tidak mampu hamil dan melahirkan seorang bayi. Wanita dikatakan tidak subur jika tidak mampu hamil meskipun sudah berusaha mengupayakan beberapa cara selama satu tahun atau lebih.

Artikel Lainnya: Jenis Penyakit Kista

Pria menghasilkan sperma setiap hari sepanjang hidup mereka sementara wanita hanya menghasilkan satu sel telur matang setiap bulan, itupun jika kondisi kesehatan reproduksinya normal. Apalagi dengan adanya kenyataan bahwa kesuburan wanita akan menurun seiring dengan meningkatnya usia mereka.

Kemandulan yang dialami pria biasanya berhubungan dengan kualitas sperma. Sementara pada wanita, kemandulan yang dialami paling sering disebabkan oleh proses ovulasi tidak normal dan adanya gangguan pada organ reproduksi. Dan berikut dibawah ini juga faktor yang mempengaruhi wanita susah hamil.

Faktor yang Mempengaruhi Wanita Susah Hamil

Faktor yang Mempengaruhi Wanita Susah Hamil

Terlalu lama menunda kehamilan

Usia 30 tahun keatas adalah usia yang mulai rawan bagi wanita yang belum hamil. Pada usia tersebut umumnya wanita cenderung akan lebih susah hamil dibandingkan ketika mereka masih berusia 20an.
Jumlah produksi sel telur wanita akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Terlebih kualitas sel telur juga akan mengalami penurunan yang signifikan dibanding dengan kualitas sel telur pada wanita yang lebih muda.

Menopause Dini

Seorang wanita dapat dikatakan mengalami sindrom menopause dini ketika menstruasinya terhenti di usia yang tergolong muda, biasanya wanita yang mengalami sindrom ini berhenti menstruasinya secara tiba-tiba pada usia kurang dari 40 tahun, jika sudah begini maka tidak ada lagi sel telur yang dapat dibuahi. Tentu saja jika sperma tidak bisa membuahi sel telur maka tidak akan terjadi kehamilan.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Tanpa disadari gaya hidup tidak sehat akan mempengaruhi kesuburan anda, terutama bagi wanita yang terbiasa merokok, minum-minuman keras ataupun wanita karir yang workaholic sehingga terbiasa bekerja hingga larut malam dan tidak bisa terlepat dari kafein.

Kurangi atau bahkan hilangkan kebiasaan tersebut. Mulailah mengkonsumsi makanan sehat dan juga buah-buahan. Olahraga juga jangan dilupakan karena dengan berolahraga tubuh akan menjadi bugar dan mudah-mudahan dengan tubuh yang fit anda bisa segera hamil sesuai dengan kengingnan anda.

Baca Juga: Faktor Pemicu yang Menyebabkan Berkembangnya Kista

Aktivitas yang sangat menguras tenaga.

Zaman sekarang sangat umum melihat pemandangan pria dan wanita yang bekerja sangat keras setiap hari bahkan melebihi kemampuan tubuhnya. Untuk menambah tenaga biasanya mereka mengkonsumsi suplemen yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, sadarilah bahwa hal tersebut juga salah satu penyebab seseorang menjadi sulit sekali hamil. Adapun suplemen herbal QnC Jelly Gamat yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menjaga kesehatan rahim dari berbagai jenis gangguan seperti infeksi rahim, polip, miom ataupun kista sebagai penyebab lain dari ketidaksuburan wanita. Pada pria, olahraga berlebihan dapat menyebabkan sperma mati karena suhu internal dari testis yang meningkat terlalu tinggi.

Kualitas Sperma

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuburan adalah kualitas sperma. Setidaknya 39 juta sperma harus dikeluarkan untuk dapat disebut sebagai ejakulasi normal. Apabila jumlah sperma kurang dari 20 juta ketika ejakulasi, maka kecil kemungkinan sel telur akan terbuahi. Tentu saja hal tersebut bukan hitungan baku karena wanita bisa saja tetap hamil wapau pasangannya mengeluarkan sperma kurang dari 20 juta, namun biasanya akan membutuhkan waktu yang lama untuk hamil.

Jadi itulah beberapa faktor penyebab yang mempengaruhi wanita susah hamil, semoga info kesehatan ini bisa bermanfaat untuk Anda, dan semoga bagi Anda yang saat ini masih belum diberikan momongan, semoga segera diberi kepercayaan oleh Tuhan untuk mendapatkan momongan. Aamiin

| Faktor yang Mempengaruhi Wanita Susah Hamil

Leave a Reply