Benarkah Terlalu Sering Berolahraga Sebabkan Kemandulan?

Leave a comment

Olahraga memang penting untuk kesehatan bahkan terbukti untuk mengembalikan stamina, dan membuat tubuh lebih fit dan segar kembali. Maka karena itu, banyak sekali orang yang menggilai olahraga demi menjaga dan membuat tubuh mereka tetap sehat dan bugar. Bahkan, tidak sedikit pula orang yang berolahraga dengan cara berlebihan.

Baca Juga: Jenis Penyakit Kista

Tanpa diketahui, ternyata olahraga yang berlebihan dapat memberikan efek buruk juga pada kesehatan lainnya. Olahraga memang penting dan perlu dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat. Namun, apabila dilakukan secara berlebihan bisa membuat tubuh Anda cedera. Selain itu, penelitian yang yang dilansir dari Boldsky.com juga mengungkapkan bahwa terlalu sering berolahraga dapat mengganggu kesuburan. Lalu apa yang menyebabkan ketidaksuburan tersebut?

Pengaruh Olahraga Terhadap Kesuburan

Pengaruh olahraga terhadap kesuburan

Sebenarnya ada 2 alasan utama kenapa terlalu banyak olahraga bisa sebabkan kemandulan. Yaitu,

  • Para peneliti menemukan bahwa didalam tubuh wanita yang berolahraga keras setiap hari memiliki kandungan tingkat kortisol yang tinggi. Sebaliknya, tingkat hormon tiroid menurun. Faktor hormonal ini akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatasi stress yang pada gilirannya akan memberikan pengaruh negatif terhadap keseimbangan hormon yang berdampak buruk pada kesuburan.
  • yang menjadi alasan kedua yaitu olahraga yang terlalu keras dapat menyebabkan lemak dalam tubuh menurun. Padahal, lemak ini dibutuhkan untuk menjaga tingkat kesuburan tubuh. Sehingga, saat tubuh kekurangan lemak, maka kesuburan juga akan menurun.

Baca Juga: Manfaat Madu Bagi Penderita Kista Endometriosis

Nah, jadi itulah yang menjadi faktor penyebab utama serta alasan kenapa seseorang yang terlalu menggilai olahraga dapat menyebabkan kemandulan. Maka dari itu, meski pun olahraga penting untuk kebugaran dan kesehatan tubuh, namun tidak baik pula bila dilakukan secara berlebihan bahkan dapat memberikan dampak buruk untuk masa depan Anda. Hindari olahraga yang berlebihan dan aturlah waktu yang tepat dan efisieun untuk berolahraga.

| Pengaruh Olahraga Terhadap Kesuburan

Leave a Reply