Bahayakah Kista Pada Payudara ?

Leave a comment

Bahayakah Kista Pada Payudara ?

Kista payudara memang bukanlah hal yang berbahaya. Penyakit ini tergolong jinak dan tidak akan mengarah ke hal yang lebih serius. Meski begitu, bila anda mengalami hal ini, anda tetap harus melakukan dan mendapatkan evaluasi media yang dapat memperbaiki kondisi diri anda.

Apa Itu Kista Payudara

kista payudara

Kista payudara adalah sebuah penyakit ketika di dalam payudara terdapat kantung berisi cairan. Kista membentuk benjolan bulat atau ovat menyerupai balon yang berisi air. Benjolan ini dapat terbentuk dalam ukuran kecil atau bahkan besar sekalipun dengan diameter sekitar 1 sampai 2 inci (2.5 sampai 5cm). Bila benjolan berukurang besar, jaringan payudara yang berada didekatnya dapat tertekan dan menimbulkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan pada payudara.

Penyakit kista payudara dapat dialami oleh semua wanita. Namun, seringkali kista payudara akan menyerang wanita yang berumur 35 tahun hingga 50 tahun yang belum mengalami menopuase. Anda dapat memiliki satu atau banyak kista. Hal ini mungkin hanya anda temukan di salah satu bagian atau bahkan kedua payudara anda. Namun, penyakit ini tidak mengarah pada kanker payudara dan tergolong jinak. Biasanya penyakit tersebut akan menghilang dengan sendirinya setelah menopause.

Kista payudara terbentuk ketika terjadi pertumbuhan kelenjar dan jaringan penghubung payudara yang berlebihan sehingga menyumbat saluran (duktus) payudara, menyebabkan pelebaran dan terisi oleh cairan.

Penyebab terjadinya kista payudara belum diketahui. Beberapa temuan menunjukkan bahwa kadar estrogen yang berlebihan di dalam tubuh dapat menstimulasi jaringan payudara dan berperan dalma terbentuknya kista payudara.

Gejala atau Tanda Adanya Kista Pada Payudara

Tanda atau gejala yang timbul pada penderita kista payudara, diantaranya yaitu:

  • Benjolan kista payudara dengan batas tegas, permukaan yang licin, berbentuk bulat atau oval dan mudah digerakkan
  • Biasanya ditemukan pada satu payudara, tetapi dapat juga terjadi pada kedua payudara secara bersamaan
  • Nyeri pada benjolan payudara
  • Ukuran benjolan dan rasa nyeri bertambah sesaat sebelum periode menstruasi.
  • Ukuran benjolan berkurang dan terjadi perbaikan tanda dan gejala setelah menstruasi selesai.

Diagnosa Kista Payudara

Diagnosa ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk memastikan adanya kista payudara:

  • Mammografi
  • USG payudara
  • Aspirasi jarum halus untuk menarik cairan kista, seringkali dengan bantuan USG untuk menuntun penempatan jarum.

Selain itu, terdapat pula penanganan tepat untuk penyakit kista pada payudara salah satunya adalah obat herbal QnC jelly gamat.

| Bahaya Kista Pada Payudara

 

Artikel lainnya:

Jenis-jenis kista

Leave a Reply