Bahaya Terlalu Sering Minum Kopi Bagi Kesehatan Wanita

Leave a comment

Kopi adalah minuman terkenal di Indonesia dan banyak dikonsumsi baik oleh pria maupun wanita. Meski kopi memberikan manfaat berupa membangkitkan kinerja dan mood seseorang saat beraktifitas. Namun, sayangnya, kopi juga dapat memberikan dampak buruk atau efek samping yang membahayakan bagi kesehatan, terutama kesehatan wanita.

Study terbaru yang dipublikasikan dalam British Journal of Farmakologi menyimpulkan dan menyebutkan bahwa stimulan kafein yang terkandung dalam kopi dapat merusak transportasi telur dari ovarium ke rahim, sehingga menyebabkan wanita sulit hamil atau mandul. Selain itu, mari kita kenali beberapa bahaya terlalu sering minum kopi bagi kesehatan wanita.

Bahaya Terlalu Sering Minum Kopi Bagi Kesehatan Wanita

Bahaya Terlalu Sering Minum Kopi Bagi Kesehatan Wanita

Dr. Bryce Wylde sebagai direktur P3 Health dan rekan ari Dr. Oz seperti yang dikutip dari yahoo, mengungkapkan bahwa, “Penting untuk diketahui bahwa kandungan kafein yang terlalu banyak Anda konsumsi bisa sangat buruk bagi kesehatan.

Selain itu, menurut studi kafein yang terlalu banyak dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan wanita, seperti:

Memicu depresi
Dilaporkan bahwa kandungan kafein yang terlalu tinggi menyebabkan depresi dan menurunkan mood wanita. Peningkatan kafein ini mempengaruhi produksi dopamine, namun menciptakan sebuah ketergantungan yang sangat tinggi. Selama Anda belum minum kopi, dopamine akan menurun sehingga Anda merasa tertekan, sedih, serta depresi.

Gastritis
Adalah kondisi dimana perut mengalami peradangan. Penyebabnya beragam, namun kondisinya diperparah dengan asupan kafein yang bisa diperoleh dari kopi hitam, green tea, soft drinks, coklat atau makanan yang meningkatkan asam di dalam lambung.

Tidak subur
Waspadalah, konsumsi kafein berlebihan dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi wanita yang menyebabkan penyakit tuba falopi dan endometriosis. Penyakit tersebut kemudian memicu ketidaksuburan pada wanita sehingga wanita jadi susah hamil. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin segera mendapatkan momongan sebaiknya hindari minuman berkafein. Baca Juga: Jenis Penyakit Kista

Osteoporosis
Pada umumnya, wanita lebih berisiko tinggi mengalami osteoporosis dan umumnya terjadi pada area tulang punggung, pergelangan tangan dan kaki, serta pinggang. Peningkatan asupan kafein dapat menyebabkan kehilangan kalsium didalam tubuh dan mempengaruhi massa tulang.

PMS
PMS sangat mengganggu dan mempengaruhi mood wanita menjadi naik turun dan tidak karuan. Alangkah baiknya, ketika PMS Anda menghindari kopi dan perbanyaklah minum air putih untuk membuat sistem metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik.

Tidak hanya itu, kafein juga dapat menyebabkan dehidrasi, resah, dan mudah terpancing emosi serta timbul rasa tidak nyaman saat menstruasi.

Baca Juga: Khasiat Jahe Mampu Membunuh 3 Jenis Kanker

Dosis yang dianjurkan untuk asupan kafein yaitu 200-300 mg perhari yang setidaknya cukup dipenuhi dengan secangkir kopi atau minuman berkafein lainnya. Apabila Anda ingin tetap sehat, hindari asupan terlalu banyak kafein.

 

 

| Bahaya Terlalu Sering Minum Kopi Bagi Kesehatan Wanita

Leave a Reply