Apa Itu Kista Ganglion?

Leave a comment

Kista Ganglion adalah kista yang berisi cairan kental dengan dinding tipis yang berasal dari tonjolan selaput sarung tendon (tendon sheath). Kista ganglion ini sering berkembang di sepanjang tendon atau sendi pada pergelangan tangan atau tangan, kista ini juga bisa muncul di kaki.

Kista ganglion dapat timbul secara tiba-tiba atau bertahap dari waktu ke waktu. Penyebab pastinya belum diketahui. Namun didapati bahwa kista tersebut tumbuh dari sendi dan tampaknya terjadi jika jaringan yang mengelilingi sendi atau otot keluar dari tempat yang seharusnya, bisa diakibatkan oleh trauma, proses penuaan, dan bisa terjadi tanpa penyebab khusus.

Kurang lebih 15% kasus kista ganglion terjadi pada usia dibawah 21 tahun, sementara 70% terjadi pada dekade ke dua dan keempat kehidupan. Dengan jumlah penderita perempuan tiga kali lebih banyak dari laki-laki. Penderita kista ganglion banyak ditemukan pada pesenam, dimana terjadi tekanan yang besar pada pergelangan tangan.

Gejala Kista Ganglion Pada Umumnya

kista ganglion

  • Benjolan yang membesar di dekat pergelangan tangan atau sendi jari
  • Berisi cairan (diketahui dari perabaan benjolan yang terasa bulat, kenyal dan halus)
  • Ukuran kista bergantung pada tingkat aktivitas sendi, dimana kista akan menjadi lebih besar ketika sering menggerakan sendi yang terkena dan lebih kecil jika sendi banyak diistirahatkan
  • Biasanya tidak sakit. Walaupun dalam beberapa kasus kista dapat menyebabkan tekanan pada saraf dekat sendi yang dapat menyebabkan rasa sakit, kelemahan atau mati rasa.
  • Dalam beberapa kasus, kista tidak menimbulkan benjolan (hidden ganglion cysts/occult ganglion), biasanya menyebabkan rasa sakit. Konfirmasi diagnosis kista ganglion jenis ini dilakukan dengan pemeriksaan penunjang USG atu MRI

Keberadaan kasus ganglion dapat mengakibatkan berbagai komplikasi. Komplikasi utama adalah keterbatasan gerak pada sendi yang terkena. Selain itu, mungkin terjadi komplikasi setelah tindakan operasi misalnya: risiko infeksi, keterbatasan gerak post operasi, kerusakan serabut saraf atau pembuluh darah.

| Kista Ganglion

Artikel lainnya

Leave a Reply