7 Manfaat Ramuan Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Leave a comment

Kunyit putih menjadi salah satu tanaman obat tradisional yang digunakan banyak orang untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kunyit putih mengandung minyak atsiri yang juga terdapat pada daun kelor.

Hasil penelitian yang telah banyak dilakukan membuktikan bahwa ternyata kunyit putih mengandung sejumlah zat yang mampu mengendalikan gejala kanker karena mampu menahan peradangan dan pembengkakan jaringan tubuh. Kunyit putih ini juga dapat mengatasi keputihan untuk menghindarkan terjadinya permasalahan yang lebih serius seperti misalnya gejala kanker serviks. Namun selain itu, masih banyak lagi manfaat yang diberikan kunyit putih, berikut ini 7 manfaat ramuan kunyit putih bagi kesehatan:

7 Manfaat Ramuan Kunyit Putih Bagi Kesehatan

7 Manfaat Ramuan Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Selain mengandung minyak atsiri, kunyit putih juga mengandung RIP (Ribozom Inacting Protein), zat curcumin, zat anti lipid peroksida, flavonoid saponin dan anti oksidan. Maka tak heran jika kunyit putih banyak mengandung manfaat bagi kesehatan, terutama untuk beberapa masalah kesehatan dibawah ini:

Mengobati sakit maag
Untuk mengurangi risiko buruk yang ditimbulkan oleh penyakit maag. Anda disarankan untuk rutin mengkonsumsi minuman atau makanan yang diolah dengan menggunakan kunyit putih. Karena hal ini bisa mengurangi rasa sakit akibat maag.

Menambah nafsu makan
Sama halnya dengan temulawak, kunyit putih juga ternyata mampu membantu menambah nafsu makan. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang melakukan program menambah berat badan. Selain itu, khasiat ini juga tentunya berguna untuk anak yang susah makan.

Mencegah kanker payudara
Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita. Maka untuk mengurangi resikon terjadinya kanker ini Anda dapat membuat ramuan kunyit putih. Caranya adalah kunyit putih dan keladi putih di uci sampai bersih kemudian dipotong-potong. Lalu rebuslah dengan air sebanyak 4 gelas. Setelah mendidih minumlah ramuan tersebut.

Mengobati Kista
Kunyit putih juga dapat digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengobati penyakit kista. Caranya, campurkan masing-masing 10 gram kunyit putih kering, temu putih, tapak liman kering, dan pegagalan kering dengan 30 gram cakar ayam segar. Rebus dengan air 1 liter hingga tersisa setengahnya kemudian dinginkan. Minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
Kunyit putih memiliki kandungan alami yang mana berkhasiat nyata untuk membantu proses penyembuhan penyakit kanker. Cara mengolahnya tidaklah sulit, kunyit bisa diparut halus, diperas sarinya dan diminum langsung.

Melembabkan Kulit yang Kering
Kunyit putih memiliki kandungan antiseptik dan antioksidan sehingga memberikan nutrisi pada kulit yang kering agar lebih lembab tanpa perlu menggunakan pelembab buatan. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan madu karena madu dapat mengikat air yang berguna untuk mempertahankan kelembaban dan kesehatan kulit bagian dalam.

Penyegar Kulit
Sebagai penyegar kulit, Anda dapat mencampurkan kunyit, madu dan juga jus lemon secara sekaligus. Minumlah campuran tersebut setiap hari secara rutin. Anda akan merasakaan manfaatnya setelah beberapa kali meminum ramuan tersebut.

Itulah ketujuh manfaat sehat dari ramuan kunyit putih, sebenarnya masih banyak lagi khasiat yang diberikan saat mengkonsumsi kunyit putih. Meski baik untuk kesehatan, namun alangkah baiknya untuk tetap mengkonsumsinya dalam dosis sewajarnya.

| 7 Manfaat Ramuan Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Leave a Reply